Kategori
Uncategorized

Begini Cara Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Pada Generasi Muda

Begini Cara Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Pada Generasi Muda.Selamat Hari Kebangkitan Nasional untuk semua masyarakat Indonesia. Biasanya masyarakat Indonesia, khususnya anak sekolah hingga generasi muda turut memperingati Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas ini. yang telah kita rangkum dalam Signalherp

yang disupport oleh Daftar IDNPlay Poker

Peringatan Harkitnas dimaksud untuk mengenang kembali semangat perjuangan bangsa Indonesia zaman dulu untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Selain itu juga, peringatan hari bersejarah ini sekaligus untuk menumbuhkan rasa semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme yang tinggi kepada masyarakat khususnya generasi muda.

Jika sebelumnya, kegiatan untuk memperingati Harkitnas yang paling sering dilakukan adalah dengan melaksanakan upacara di sekolah atau kantor. Akan tetapi, berhubung saat ini sedang pandemi Covid-19, sekolah dan kantor tidak menyelenggarakan kegiatan upacara guna pemutus rantai penyebaran virus corona.

Meski begitu, masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri generasi muda, seperti pada ulasan berikut ini!

1. Mengenal Ragam Budaya Indonesia

budaya Indonesia Mengenal ragam budaya indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki aneka ragam budaya. Setiap daerah dari Sabang sampai Marauke memiliki budaya yang berbeda-beda. Sebut saja, mulai dari suku, adat istiadat, rumah, pakaian, Bahasa, alat musik, tari-tarian dan masih banyak lainnya.

Dengan mengenal keragaman budaya setiap daerah di Indonesia, tentunya Anda sudah menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri. Tak perlu berkunjung ke setiap daerah, Anda bisa mengenal keragaman budaya Indonesia melalui Youtube.

2. Napak Tilas Sejarah ke Museum

Memperingati hari kebangkitan nasional, Anda juga bisa dengan melakukan napak tilas sejarah dengan berkunjung ke setiap museum. Di setiap museum tentunya memberikan cerita sejarah yang berbeda-beda dan patut Anda ketahui.

Misalnya saja, Museum Nasional (Monas) yang menceritakan tentang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintah colonial Hindi Belanda. Kemudian museum Fatahillah untuk mengenang jasa Sang Panglima asal Demak, pendiri kota Jayakarta yang juga berjasa mengusir Portugis dari Sunda Kelapa dan masih banyak museum lainnya.

Jika Anda dan saudara atau kerabat ingin berkunjung ke museum dalam rangka memperingati Harkitanas, sebaiknya cari informasi terlebih dahulu mengenai jam operasional setiap museum. Sebab, pada masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan pengunjung di tempat-tempat rekreasi termasuk museum.

Selain itu, tetaplah menerapkan protokol kesehatan selama d museum dengan memakai masker, menjaga jarak antar pengunjung dan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau pakai handsanitizer.

3. Menonton Film Tema Sejarah atau Nasionalisme

Film Sejarah Menonton film sejarah

Bagi Anda yang suka film, menonton film yang bertemakan sejarah atau nasionalisme tentunya menjad solusi yang tepat dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional ini. Sekarang ini, industri film Indonesia banyak memproduksi film-film bersejarah yang patut dacungi jempol.

4. Berprestasi dan Mengharumkan Negara

Menumbuhkan rasa semangat perjuangan dan nasionalisme juga bisa ddapatkan dari perolehan prestasi  segala bidang yang Anda dapatkan dari duduk  bangku sekolah, universitas hingga saat ini. Dengan prestasi tersebut, Anda sudah turut mengharumkan nama negara Indonesia.

Misalnya sering memenangkan perlombaan akademik dan non-akademik antar sekolah, tingkat nasional atau internasional. Selain itu juga, sukses menjalankan bisnis yang penjualannya hingga ke luar negeri juga termasuk prestasi dalam berkarir.

5. Menggunakan dan Mencintai Produk dalam Negeri

indonesia Menggunakan dan mencintai produk dalam negeri

Hingga saat ini, masih banyak orang yang suka membeli produk brand luar negeri. Padahal, banyak produk lokal yang kualitasnya tak kalah bagus dengan brand luar. Apalagi sekarang ini juga banyak produk buatan tangan orang Indonesia mulai dari kerajinan tangan, tas, baju, dan sebagainya yang djual ke pasar luar negeri.

Dengan membeli menggunakan dan mencintai produk dalam negeri bukan hanya mendukung bisnis lokal . Menjad lebih maju dan berkembang saja tapi Anda juga turut menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi dalam dri untuk bangsa Indonesia.

Tanamkan Rasa Nasionalisme dalam Diri Sejak Dini

Untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bukan hanya disaat sedang memperingati hari bersejarah saja, tapi bisa dilakukan setiap saat dan kapan saja. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan nasionalisme dalam diri sejak dini. Selain cara yang telah disebutkan di atas, ada cara sederhana lainnya, mulai dari bermain game, mendengarkan lagu-lagu sejarah dan sebagainya. Bagi Anda yang sudah memiliki anak, adik atau saudara yang masih kecil, tak ada salahnya berikan pengertian dan tanamkan sikap nasionalis dalam diri mereka.