Kategori
Uncategorized

Kerajinan Tangan dari Kalimantan Barat dan Penjelasannya

Kerajinan Tangan dari Kalimantan Barat dan Penjelasannya.Kalimantan Barat merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan dan beribukotakan Pontianak. Selain alam yang indah, Kalimantan Barat juga menyimpan ragam keunikan dan kekhasan yang tidak kalah dibanding daerah lain di Indonesia. yang telah kita rangkum dalam Signalherp

yang disupport oleh Daftar IDNPlay Poker

Penduduk lokal Kalimantan Barat memiliki keahlian dalam menghasilkan sebuah kerajinan yang khas daerah tersebut, dan beberapa masyarakat Kalimantan bermata percaharian sebagai pembuat kerajinan tangan.

Berikut ini beberapa kerajina tangan khas Kalimantan Barat :

1.Anyaman Keladi

Anyaman keladi air ini adalah tumbuhan yang hidup di air di daerah rawa – rawa sungai Kapuas. Tumbuhan keladi air termasuk tumbuhan liar yang ada di Kalimantan Barat. Tanaman ini lentur, cukup licin dan berwarna putih. Tumbuhan ini sangat lentur seperti rotan yang telah di olah. pakaian adat kalimantan barat bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Kerajinan Keramik

Selain kerajinan Keladi air di Kalimantan barat juga terdapat jenis kerajinan keramik. Kerajinan keramik ini dapat dijumpai di Singkawang daerah tersebut banyak dipengaruhi budaya Tionghoa, sehingga motif khas buatan jaman Dinasti Ming bergaya Tionghoa.

Motif khas Kalimantan Barat dgunakan sebagai motif budaya khas Kalbar tetapi kerajinan keramik ddesain dengan motif keramik Tionghoa. Misalnya Motif dewa dan pusaka, motif naga, motif barongsai dan naga. jenis jenis tarian kalimantan barat bisa djadkan sebagai informasi tambahan.

3. Kain Tenun Sambas

Kalimantan Barat memiliki kain tenun yang khas, yang dkenal dengan nama Kain Tenun Sambas. Kain Tenun Sambas yang biasa d sebut ”Kain Lunggi” atau Kain Benang Emas karena salah satu bahan yang dgunakan adalah benang emas berwarna kuning emas.

Keistimewaan kain tenun Sambas ini karena memiliki 2 unsur motif yang berbeda seperti unsur china pada motif mawar dan unsur islam pada motif geometrik.

Kain Sambas biasanya dpakai pada saat acara perkawinan, musyawarah, menghadri undangan- undangan dari orang pembesar daerah atau raja, khitanan, dan acara-acara lainnya.

Kain tenun Sambas sendri terkenal karena mempunyai motif khas, seperti lunggi pucuk rebung, dagin serong, dagin biasa dan cual padang terbakar. Bahan bakunya adalah benang emas. Pengerjaannya tenunan Sambas membutuhkan keterampilan khusus dan ketekunan tersendri.

Kain tenun benang emas ini biasanya d kerjakan secara tradsional dengan alat pemintal terbuat dari kayu belian. Kebanyakan dkerjakan oleh penduduk d sekitar pesisir Sungai Sambas sekitar Kota Sambas. Penenun ini tergolong unik karena kepandaian menenun ini ddapat dari orang tuanya atau kepandaian ini dajarkan secara turun temurun.

4. Anyaman Lampit

Tak hanya cantik, namun anyaman lampit memiliki keunikan. Keunikannya karena anyaman sangat rapi dan tahan lama yang mungkin tidak dpunyai oleh semua wilayah lainnya.

Anyaman lampit merupakan budaya lokal anyaman tikar yang terbuat dari rotan. Anyaman cantik ini menjad salah satu nafas masyarakat d Kampung Taji yang kini lebih dkenal Dusun Sempadan, Desa Terusan, Kecamatan Manis Mata, Ketapang, Kalimantan Barat.

Pengrajin anyaman lampit juga ada tersebar di Dusun Purun d Kecamatan yang sama. D Dusun Purun, tikar purun ukuran dan motifnya kecil-kecil dbandngkan tikar lampit

Proses menganyam lampit cukup rumit dan memerlukan keahlian khusus. Bilah-bilah rotan yang danyam haruslah sama besar ukurannya kira-kira bilah rotan yang dbelah dari anyam ukurannya 2 cm.

Kerapian dari rautan melalui jangat sangat dperlukan. Rotan harus ada yang dbuat halus sebagai pengikat (perajut) setiap sisi kanan dan kiri anyaman sebagai pengokoh (penguat) anyaman.

Selain lampit, anyaman lainnya seperti topi, keranjang, sendal, tajau,ringkak, pempinangan, tas rotan, kindai/penangkin, tempat nasi, slipang dan tudung saji merupakan kreasi anyaman lokal yang bisa dkreasikan dari bahan rotan. Tak hanya itu, ada juga intaran (ayakan/pengayak tepung).

Itulah tadi pilihan Kerajinan khas Kalimantan Barat. Selain berlibur dan menimmati alamnya, kerajinan tangan khas Kalimantan Barat bisa jadi pilhan cinderamata yang unik dan cantik.